Sosialisasi Pemanfaatan Tanah Kalurahan oleh Yayasan Cordoba Indonesia Mulia

Share :

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur berkomitmen mendampingi serta memfasilitasi kebutuhan investor Pemanfaat Tanah Kalurahan. Salah satu bentuk fasilitasi ini adalah penyelenggaraan sosialisasi dan diskusi antara Pemanfaat Tanah Kalurahan dengan warga masyarakat. 

Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 bertempat di Rumah Makan Omah Tobong Godean, dilaksanakan acara sosialisasi Pemanfaatan Tanah Kalurahan oleh Yayasan Cordoba Indonesia Mulia (YCIM) Daerah Istimewa Yogyakarta. Yayasan ini akan menyewa Tanah Kalurahan dengan Sertifikat Hak Pakai (SHP) nomor 19, 20, 21, 22, 30, 130 yang berlokasi di Bulak Mertosutan dan Krajan, Padukan Mertosutan, Kalurahan Sidoluhur. Luas total lahan yang akan disewa ini adalah 93.549 meter persegi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Panewu Godean yang dalam hal ini diwakilkan oleh Panewu Anom beserta jajaran muspika dan pegawai kapanewon, Pemerintah Kalurahan Sidoluhur, Badan Permusyawaratan Kalurahan Sidoluhur, perwakilan pengurus gapoktan, perwakilan LKK serta warga masyarakat sekitar lahan. Pihak penyewa dalam hal ini yayasan YCIM, diwakili oleh Bapak H. Iriyanto; Bapak Arif; Bapak Hendra dan pengurus lainnya.

Dalam sesi paparan, Yayasan YCIM menjelaskan tentang latar belakang yayasan hingga layout atau desain pemanfaatan Tanah Kalurahan kedepan. Tanah Kalurahan di atas akan digunakan untuk Komplek Sekolah Pesantren Modern Putra dan Putri. Desain tersebut juga sesuai dengan regulasi yakni menyisakan sebagian area lahan untuk lahan terbuka hijau.  

Dalam sosialisasi tersebut dihasilkan pula kesepakatan bahwa warga masyarakat tidak keberatan dan menyetujui adanya rencana pemanfaatan Tanah Kalurahan. Warga juga telah menyampaikan usulan seperti pentingnya keselamatan kerja, pemeliharaan saluran irigasi pertanian, penerimaan siswa kurang mampu dari lingkungan sekitar, serta perlunya komunikasi dengan pondok pesantren yang telah berdiri di Sidoluhur. Usulan dan kesepakatan ini dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani perwakilan peserta sosialisasi.

Foto Terkait: