Penyerahan Hibah Gamelan Perunggu dari Pemda DIY untuk Sidoluhur

Share :

Hari Selasa (13/09/2022) merupakan hari yang istimewa dan membahagiakan bagi Kalurahan Sidoluhur, Kapanewon Turi, Sleman. Ya, Sidoluhur mendapatkan hibah gamelan perunggu yang diserahkan secara simbolis oleh Dra Endang Widuri (Kepala Seksi Lembaga Budaya Kundha Kabudayan DIY). Turut hadir dalam acara serah terima hibah gamelan antara lain Hadi Mulyono, SH., Retno Dwi Intarti, M.Sn., Tri Joko (Tim Monev Pendamping Budaya), Lurah Sidoluhur beserta Pamong, Badan Permusyawaratan Kaluraha (BPKal) dan Pengelola Kalurahan Budaya Sidoluhur.

Hibah gamelan perunggu yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan merupakan wujud kepedulian sekaligus dukungan kepada Kalurahan Budaya Sidoluhur. Program kegiatan hibah gamelan perunggu bersumber dari Dana Keistimewaan khususnya untuk urusan kebudayaan. Melalui hibah gamelan perunggu yang diberikan dapat menjadi rangsangan bagi pemajuan kebudayaan bagi Kalurahan Sidoluhur.

Sebagaimana kita ketahui, tidak semua desa bisa mendapatkan bantuan hibah gamelan perunggu. Momen ini memang harus disyukuri tetapi juga tidak lupa diuripi. Kebudayaan yang ada di masyarakat Kalurahan Sidoluhur haruslah bisa luwes mengikuti perubahan zaman. Jangan sampai hibah gamelan perunggu ini hanya menjadi sia-sia dan tidak sesuai harapan. Ada tanggung jawab besar yang melekat pada penerima hibah gamelan perunggu. Menjadikan hibah tersebut lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Pemberian hibah gamelan perunggu diharapkan mampu menjadi media untuk menumbuhkembangkan potensi dan keunikan yang dimiliki oleh Kalurahan Sidoluhur. Hal ini akan berkaitan erat dengan atraksi budaya yang akan ditampilkan. Bantuan hibah gamelan perunggu tidak hanya semata-mata berbicara mengenai urusan kebudayaan saja. Dalam jangka panjang akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Tentu saja dibutuhkan bantuan dan dukungan dari instansi lainnya untuk membuat packaging yang menarik dan berdaya jual.

Foto Terkait: