Laporan Pelaksanaan Ujian Pengisian Dukuh Ngabangan dan Tebon

Share :

Pemerintah Kelurahan Sidoluhur dalam hal ini Panitia Pengangkatan Pamong Kalurahan tahun 2022, menyelenggarakan Ujian Seleksi Pengisian Pamong untuk jabatan Dukuh Ngabangan dan Dukuh Tebon.
Ujian ini dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022 bertempat di SMP Negeri 1 Godean. Hadir dalam ujian tersebut seluruh peserta sebanyak 7 orang yang terdiri dari empat orang calon Dukuh Ngabangan dan tiga orang calon Dukuh Tebon.

Sesuai dengan regulasi dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman nomor 10 tahun 2019 disebutkan bahwa dalam pelaksanaan ujian panitia pengangkatan harus bekerja sama dengan perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B dan memiliki jurusan yang sesuai dengan kompetensinya. Pada pelaksanaan ujian kali ini panitia bekerja sama dengan perguruan tinggi Akademi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Yogyakarta. Perguruan tinggi ini memenuhi syarat sesuai dengan regulasi di atas dan telah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam pelaksanaan ujian perangkat atau pamong kalurahan.

Panitia dan peserta telah datang lebih awal untuk fiksasi teknis dan tempat serta registrasi ulang. Disusul kemudian rombongan dari APMD yang dilanjutkan dengan simbolis pembukaan ujian. Pembukaan ini dilakukan kurang lebih pukul 07.45 WIB.Penyerahan soal ujian

Dalam prosesi tersebut pihak panitia menyerahkan sepenuhnya teknis pelaksanaan ujian kepada perguruan tinggi atau kampus. Setelah itu di bacakan tata tertib ujian dan beberapa arahan dari bapak Suharyanto selaku ketua pelaksana dari perguruan tinggi.

Ujian kemudian dilaksanakan sesuai dengan urutan atau tahapan ujian. Dimulai dengan ujian tulis, ujian psikotes, ujian praktek keterampilan yakni komputer dan pidato, dan terakhir adalah ujian wawancara. Dengan mengenakan kemeja putih dan celana kain hitam para peserta tampak khidmat dalam melaksanakan ujian di atas.

Di sela-sela setiap ujian, sesuai dengan komitmen pihak perguruan tinggi, telah dilaksanakan koreksi bersama hasil ujian. Koreksi tersebut dilalui dengan teknik peserta dipanggil satu persatu kemudian didampingi dengan dua orang panitia dan satu orang petugas dari perguruan tinggi mengoreksi bersama hasil ujian yang telah dilaksanakan. Teknis ini memperlihatkan transparansi sehingga tidak terjadi potensi kecurangan dalam ujian.

Koreksi bersama

Di sore harinya atau setelah semua tahapan ujian selesai, dilaksanakan pleno pengumuman nilai hasil akhir yang diikuti oleh segenap tamu undangan panitia dan peserta. Hadir selaku tamu undangan antara lain Panewu Godean, Panewu Anom, Kepala Jawatan Praja, Kapolsek atau yang mewakili, Danramil atau yang mewakili, dan Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Sidoluhur.

Nilai hasil akhir adalah sebagai berikut:

Setelah pengumuman nilai hasil akhir, Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto,S.E., memberikan arahan agar seluruh peserta yang terpilih tidak sombong dan selalu bersyukur atas hasil yang diraih serta siap untuk mengemban amanah sesuai dengan tugas dan fungsinya. Beliau juga berpesan kepada peserta yang tidak lolos agar tetap semangat dan tetap mengabdi kepada kalurahan.

Panemu Godean, Ihsan Waluyo, S.Sos.,M.AP., juga memberikan arahan agar estafet jabatan dilanjutkan dengan seoptimal mungkin sehingga masyarakat di paduan dapat lebih produktif dan sejahtera.

Semua peserta tampak ikhlas menerima hasil ujian di atas. Diakhir acara mereka saling berjabat tangan dan berfoto bersama. 

Foto Terkait: