Terapi Aktivitas Kelompok Kesehatan Jiwa

Share :

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur bekerjasama dengan Pusat Rehabilitasi Yakkum (PRY) Yogyakarta mengadakan kegiatan Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) bagi warga yang termasuk kategori Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan caregivernya (Keluarga/Pendamping ODDP). Seluruh ODDP dan caregiver yang hadir ini merupakan binaan Kesehatan Jiwa (Keswa) Pusat Kesehatan Masyakarakat (Puskesmas) Godean 1 yakni dari Kalurahan Sidoluhur, Sidoagung, Sidomulyo dan Sidomoyo. Acara ini dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur.

Acara ini diadakan di dua ruang terpisah, binaan ODDP di pendopo depan sedangkan caregivernya di pendopo sebelah dalam. Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Sidoluhur, Bapak Hernawan Zudanto, S.E., Kamituwo, Bapak Wahyu Rahmadani, A.Ma., Pendamping keswa dari Puskesmas Godean 1, Ibu Siam Hanifah, S.Psi., dan Ibu Hari Mulyani, S.Kep.,Ns., Pendamping PRY mas Bena dan mbak Debi, serta kader Keswa Luhur Jiwo Sidoluhur. 

Tindakan dengan memberikan terapi modalitas yaitu terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sensori, upaya memusatkan perhatian, kesegaran jasmani dan mengekspresikan perasaan. Terapi ini menggunakan aktivitas sebagai stimulus dan terkait dengan pengalaman dalam kehidupan untuk didiskusikan dalam kelompok. Penggunaan terapi kelompok dalam praktek keperawatan jiwa akan memberikan dampak positif dalam upaya pencegahan, pengobatan atau terapi serta pemulihan kesehatan. Terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi ini sebagai upaya untuk memotivasi proses berpikir, mengenal halusinasi, melatih pasien mengontrol halusinasi serta mengurangi perilaku mal adaptif. 

Salah satu bentuk pelaksanaan terapi aktivitas kelompok yaitu dengan cara melakukan kegiatan menggambar bagi pasien gangguan jiwa  merupakan bentuk komunikasi dari alam bawah sadarnya, berdasarkan pemikirannya atau benda-benda yang muncul akan menimbulkan gambaran yang merupakan ekpresi dari sendiri. Dengan menggambar pasien gangguan jiwa dapat memperbaiki aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Menggambar merupakan salah satu kemampuan dari psikomotorik.

Referensi lain mengenai TAK

Terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi halusinasi adalah terapi yang menggunakan aktivitas sebagai stimulus dan terkait dengan pengalaman dan atau kehidupan untuk didiskusikan dalam kelompok. Hasil diskusi kelompok dapat berupa kesepakatan persepsi atau alternatif penyelesaian masalah. Dalam terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi aktivitas yang digunakan adalah aktivitas mempersepsikan stimulus tidak nyata dan respon yang dialami dalam kehidupan, khususnya untuk pasien yang mengalami halusinasi. Aktivitas dibagi dalam beberapa sesi yang tidak dapat dipisahkan yaitu, terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi mengenal halusinasi, terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi halusinasi mengusir atau menghardik halusinasi, terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi mengontrol halusinasi dengan melakukan kegiatan, terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi mengontrol halusinasi dengan bercakap – cakap dan terapi aktivitas kelompok stimulasi perepsi mengontrol halusinasi dengan patuh minum obat (Putri, 2017).

Terapi aktivitas kelompok merupakan salah satu terapi modalitas yang dapat
membantu membangun hubungan dengan orang lain, dengan terapi aktifitas
kelompok, pasien dapat bersosialisasi, mengetahui koteks realitas, menyalurkan energi, meningkatkan harga diri (Pardede & Ramadia, 2021).

Sumber
1. Pardede, J. A., & Ramadia, A. (2021). The Ability to Interact With Schizophrenic Patients through Socialization Group Activity Therapy. International Journal of Health Science and Medical Research, 1(1), 06-10.
http://ijhsmr.com/index.php/ijhsmr/article/view/6
2. Putri, V. S. (2017). Pengaruh terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi halusinasi terhadap kemampuan mengontrol halusinasi pada pasien
skizofrenia di ruang rawat inap arjuna rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi
Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 6(2), 174-183.
https://doi.org/10.30644/rik.v6i2.95
3. Sutinah, S., Harkomah, I., & Saswati, N. (2020). Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi Sensori (Halusinasi) Pada Klien Halusinasi Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam
Kesehatan, 2(2). http://dx.doi.org/10.20473/jpmk.v2i2.19972

Foto Terkait: