Musyawarah Kalurahan Sidoluhur Pemutakhiran Data Kemiskinan Tahun 2022

Share :

Dinas Sosial Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Sidoluhur mengadakan Musyawarah Kalurahan (Muskal) Pemutakhiran Data Kemiskinan tahun 2022. Acara ini dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur.

Acara ini merupakan kelanjutan dari tahapan Musyawarah Padukuhan (Musduk) Pemutakhiran Data Kemiskinan yang telah dilaksanakan di seluruh padukuhan di Kalurahan Sidoluhur. Hadir dalam muskal ini Lurah Sidoluhur beserta jajaran, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kapanewon (TKSK), Perwakilan BPKal Sidoluhur, Tim Pendamping Sosial Kalurahan (TPSK), Tim Penanggulangan Kemiskinan Kalurahan dan Padukuhan, dan tokoh masyarakat.

Didalam muskal ini, Lurah Sidoluhur, Bapak Hernawan Zudanto, SE., memberikan arahan tentang pentingnya validitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Beliau menitipkan pesan kepada TKSK agar data yang telah disusun dari padukuhan atau tingkat bawah ini dapat memutakhirkan data yang lama. Dengan demikian data kemiskinan dapat lebih valid dan lebih tepat sasaran.

Acara muskal sendiri dipimpin oleh Kamituwo, Bapak Wahyu Rahmadani yang memaparkan data rekap hasil musduk. Kemudian data rekapan hasil musduk ini ditanyakan kepada peserta untuk disepakati. Peserta pun menyepakati rekap data tersebut dan dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh peserta.

Berita acara ini kemudian akan dikirimkan ke Dinas Sosial Kabupaten Sleman, untuk ditindaklanjuti dan dimasukkan dalam database Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Harapan kita Keputusan Bupati tentang Data Keluarga Miskin Kabupaten Sleman di tahun 2023 dapat valid sehingga segala implikasinya kepada keluarga miskin dapat tepat sasaran.

Foto Terkait: