Pemantauan Malam Tirakatan HUT ke-77 Republik Indonesia

Share :

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Tahun 2022 ini berbeda alias lebih semarak dari dua tahun sebelumnya. Setelah dua tahun kemarin sangat dibatasi dengan dalih PPKM, di tahun ini warga di setiap padukuhan telah kembali melakukan berbagai kegiatan seperti dalam keadaan normal. Keadaan normal di sini tentu masih menjalankan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

Di wilayah Sidoluhur dapat kita temui banyaknya kegiatan seperti lomba, dan khususnya di malam 17-an diadakan tirakatan. Lomba yang diselenggarakan pun tampak meriah. Dalam artian meriah itu tidak harus mahal, tetapi lebih kepada ketepatan pemilihan lomba yang menarik. Lomba-lomba tradisional ternyata tetap disukai oleh masyarakat di segala umur. Bahkan bagi sebagian warga yang telah berkeluarga, mengikuti berbagai lomba tersebut ibarat bernostalgia. 

Pada malam 17-an di setiap padukuhan di kelurahan Sidoluhur mengadakan malam tirakatan. Untuk melaksanakan protokol kesehatan dan mengantisipasi kerumunan yang berlebih, satu padukuhan menyelenggarakan acara dengan lebih dari satu titik lokasi kegiatan. 

Perlu diketahui bahwa sebelum seluruh rangkaian peringatan HUT ke-77 RI ini digelar, pemerintah Kalurahan Sidoluhur telah membagikan Surat Edaran Pemerintah Kabupaten Sleman tentang pedoman penyelenggaraan peringatan HUT RI tahun 2022 ini. Dengan pedoman ini masyarakat memiliki panduan teknis pelaksanaan kegiatan di setiap padukuhan. 

Untuk lebih memastikan kondusifitas warga, Pemerintah Kalurahan Sidoluhur mengadakan pemantauan malam tirakatan pada tanggal 16 Agustus 2022. Pemantauan ini diikuti oleh Lurah Sidoluhur dan jajaran Pamong, Bhabinkamtibmas serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Rombongan berangkat dari Balai Kalurahan Sidoluhur kurang lebih jam 20.00 WIB, mengunjungi tempat pertama yakni di Padukuhan Kunden. 

Berhubung banyaknya titik lokasi malam tirakatan, Pemerintah Kalurahan tidak dapat mengunjungi seluruhnya. Hanya beberapa titik saja yang dapat dipantau yakni Kunden, Kragilan, Krajan, Jowah, Pandean, Berjo Kulon dan Ngabangan. 

Alhamdulillah dari sekian titik lokasi yang dipantau seluruhnya berjalan dengan kondusif. Di setiap titik pemantauan pun terdengar pekikan "merdeka" yang menambah semangat warga. Harapan kita semua, di tahun-tahun mendatang kegiatan di setiap penjuru Kalurahan Sidoluhur tetap dapat berjalan dengan normal, meriah serta sesuai dengan ketentuan dan norma yang ada.