Pembinaan dan evaluasi Kalurahan Siaga Aktif Tahun 2022 di Sidoluhur

Share :

Desa atau Kalurahan siaga merupakan kalurahan yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Dengan demikian dapat diartikan pula bahwa kalurahan siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kalurahan, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri.

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur menjadi peserta Pembinaan dan Evaluasi Kalurahan Siaga Aktif Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan Puskesmas Godean 1. Kegiatan ini diselenggarakan pada Hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. 

Kegiatan ini telah dipersiapkan sedemikian rupa oleh Pemerintah Kalurahan Sidoluhur beserta kader kalurahan siaga. Dengan kondisi keterbatasan anggaran kalurahan, kader tampak tetap bersemangat mengikuti persiapan hingga hari H pelaksanaan. Hal ini sangat membanggakan tentunya, apalagi jika dilihat dari segi waktu persiapan yang cukup mepet. Penunjukan menjadi peserta serta mepetnya waktu penyelenggaran menjadi satu hal yang krusial untuk dievaluasi kedepannya.

Pada hari H pelaksanaan, rombongan tim pembina dari Dinkes Sleman disambut dengan senam kader dan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) yang kemudian disambung dengan penampilan tari warga ODDP bernama Adriyanti. Rombongan tim tampak terhibur dengan penampilan-penampilan tersebut.

Dalam sesi tatap muka, Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto, S.E., menyampaikan sambutan selamat datang kepada segenap tim pembina dan evaluasi. Beliau juga menyampaikan gambaran umum tentang perkembangan terkini Kalurahan Siaga Aktif Sidoluhur dengan berbagai program inovasi unggulan. Ketua rombongan, dr. Esti Kurniasih (Kepala Bidang Kesmas Dinkes Sleman) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Sidoluhur yang telah lama aktif dalam berbagai kegiatan kesehatan. Beliau lalu memperkenalkan tim yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Sesi selanjutnya adalah presentasi mengenai Inovasi Kalurahan Siaga oleh Kamituwo, Wahyu Rahmadani. Beliau menyampaikan tentang implementasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta evaluasi program-program Kalurahan Siaga Sidoluhur. Disampaikan pula tentang capaian dan prestasi yang telah diraih oleh Kalurahan Siaga Sehat Jiwa khususnya Paguyuban "Luhur Jiwo". Kalurahan Sidoluhur juga telah beberapa kali menjadi tempat kunjungan desa atau kalurahan lain dalam pengembangan Kalurahan Siaga Sehat Jiwa.

Sesi selanjutnya adalah penilaian administrasi oleh Tim Pembina yang juga ditemani oleh para kader Kalurahan Sidoluhur. Masing-masing kader bidang atau seksi telah siap di meja masing-masing untuk menjawab pertanyaan ataupun menerima kritik, usul dan masukan dari Tim.

Di akhir acara, Tim Pembina dan Evaluasi memberikan kesan dan pesan penilaian yang telah dilakukan. Secara umum tim terkesan atas kelengkapan administrasi dan penyelenggaraan pembinaan dan evaluasi Kalurahan Siaga Aktif di Kalurahan Sidoluhur ini. Mereka berpesan antara lain, pertama, agar kader dapat lebih melengkapi administrasi kaitannya dengan kesekretariatan. Contohnya bila ada penugasan kader mengikuti suatu kegiatan hendaknya dibuatkan surat tugas dari Pemerintah Kalurahan Sidoluhur. Contoh lainnya adalah tentang format laporan anggaran yang seyogyanya juga menyertakan anggaran swadaya masyarakat. Pesan yang kedua agar pemerintah kelurahan Sidoluhur beserta para kader dapat lebih siap mendiseminasikan inovasi. Hal ini berkaitan dengan status Kalurahan Sidoluhur yang telah berapa kali menerima kunjungan dan ke depan diproyeksikan akan lebih banyak menerima kunjungan.

Foto Terkait: