Kunjungan Ketua KPUD Kabupaten Sleman ke Sidoluhur

Share :

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sleman pada Hari Selasa tanggal 13 September 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. Ketua KPUD Sleman, Trapsi Haryadi, S.IP., beserta tim diterima langsung Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto, S.E., di ruangan Lurah Sidoluhur.

Ketua KPUD menjelaskan maksud kunjungannya untuk silaturahim dan menyampaikan kondisi data calon pemilih yang harus diverifikasi kebenarannya.

KPUD sendiri mendapatkan data warga yang berhak memilih dari berbagai sumber yakni dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dan juga dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data tersebut ternyata perlu divalidkan karena boleh jadi sumber data tersebut masih terdapat kekurangan. Kita ambil contoh, sebagian data di database Dukcapil kurang lengkap karena masih ada warga yang belum melaporkan anggota keluarganya yang meninggal dunia. Boleh jadi anggota keluarga ini meninggal jauh sebelum digitaliasi data dukcapil. Keadaan ini membuat beberapa data di aplikasi Dukcapil masih mengenali data yang warga yang meninggal belum lapor tadi, sebagai warga yang masih hidup.

Di sisi lain, data dari BPS yang diambil dari Sensus Penduduk terakhir tahun 2020 juga perlu dicermati. Data penduduk yang tercatat hidup di tahun 2020 boleh jadi telah meninggal ditahun setelahnya. Begitupun dengan data warga yang telah berpindah alamat ke luar daerah.
Data yang diserahkan kepada Pemerintah Kalurahan Sidoluhur tersebut kemudian didispo oleh Lurah Sidoluhur kepada Kepala Urusan Tata Laksana untuk dilakukan verifikasi. Dengan data pembanding yang berasal dari Website Dinas Dukcapi Online Sleman dan lainnya, Kaur Tata Laksana berupaya untuk mendapatkan data yang valid.

Foto Terkait: