LATAR BELAKANG :
Penguasaan teknologi dan informasi menjadi keharusan bagi setiap desa atau kalurahan. Hal ini sesuai dengan salah satu pasal dalam Undang-Undan Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan desa untuk mengelola Sistem Informasi Desa. Selain itu, para pemangku kepentingan pembangunan lintas sektor yang bermitra dengan desa atau kalurahan juga telah menggunakan sistem informasi sebagai sarana pengolah data dan informasi. Gambaran ini sudah jelas menempatkan desa sebagai subyek pengelola era digital secara holistik dikemudian hari.
Kalurahan Sidoluhur kekurangan tenaga untuk membantu sekretariat kalurahan dalam bidang teknologi dan informasi. Hal ini harus segera ditindaklanjuti agar tahapan menuju era digital dapat diikuti dengan baik dan benar. Dengan demikian perlu perekrutan tenaga kontrak tahunan yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan di bidang teknologi dan informasi seperti di atas.
TUGAS : membantu sekretariat kalurahan dalam bidang teknologi dan informasi
FUNGSI :
1. Menjadi operator dan atau admin SID Kalurahan
2. Memutakhirkan data dalam media informasi dan sosial milik kalurahan
3. Membantu pelayanan digital
TEKNIS :
1. Membuat postingan di medsos Sidoluhur (FB, IG, Twitter, dll) minimal satu kali dalam sehari
2. Membuat desain hari-hari besar nasional lalu diposting dalam medsos di atas sesuai tanggal yang bersangkutan
3. Membuat berita setiap kegiatan Pemerintah Kalurahan Sidoluhur dan diposting di SID Sidoluhur
4. Mengupdate data-data di SID Sidoluhur
5. Bila sedang tidak mengerjakan tugas di atas, membantu pelayanan digital di ruang pelayanan depan
PERSYARATAN:
1. Menguasai komputer (dasar-dasar: corel/aplikasi desain lain; office) dan internet (media sosial)
2. berKTP Sidoluhur
3. berusia 20 - 42 tahun
4. berpendidikan minimal SMA/SMK sederajat
5. dapat mengendarai kendaraan motor roda dua
FASILITAS:
1. Gaji bulanan
2. Pengalaman
JADWAL:
- Pendaftaran : 9 - 13 Januari 2023 (jam 8.00 - 13.00 WIB) di Kantor Kalurahan Sidoluhur
- Verifikasi berkas pendaftaran dan pengumuman peserta ujian : 13 Januari 2023
- Ujian : 16 Januari 2023
- Pengumuman Hasil Ujian : 16 Januari 2023
- Masuk Kerja : 17 Januari 2023
Kelengkapan dokumen Pendaftaran Operator IT Sidoluhur :
1. Surat Lamaran, ditujukan Kepada Lurah Sidoluhur (Boleh diketik atau tulis tangan). Dimasukkan dalam stopmap warna hijau dengan dilampiri:
- Fotokopy KTP atau KK
- Fotokopi ijazah sekolah terakhir
2. Mengisi Formulir Surat Pernyataan yang sudah di sediakan panitia, antara lain:
- bersedia bertempat tinggal di Kalurahan Sidoluhur (bermaterai) [unduh disini]
- sanggup menerima hasil akhir seleksi Operator IT (bermaterai) [unduh disini]
- tidak menuntut menjadi staf tetap [unduh disini]
3. Mengirimkan file (buatan sendiri):
- File Corel (Versi 24 atau sebelumnya) : Ucapan 17 Agustusan dari Pemkal Sidoluhur untuk postingan di Instagram
- File Word (Versi bebas) : berita liputan suatu kegiatan di Sidoluhur (boleh fiksi, minimal 3100 karakter termasuk spasi)
ke email sidoluhurdesa@gmail.com dengan subyek email : RekrutmenOperatorIT_Namalengkap_namapadukuhan
------------------------
NB : Sesuai Perbup Sleman Nomor 35.1 Tahun 2022 tentang Hari Kerja dan Jam Kantor Kalurahan,
Jam Kantor Kalurahan ditentukan sebagai berikut:
a. hari Senin sampai dengan hari Kamis yaitu jam 07.30 WIB sampai dengan jam 15.30 WIB; dan
b. hari Jum’at yaitu jam 07.30 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, dengan waktu istirahat jam 11.30 WIB sampai dengan jam 13.00 WIB.