Kunjungan dari peserta Bimtek Kader KSSJ Kabupaten Sleman Tahun 2022

Share :

Pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 Pemerintah Kalurahan Sidoluhur menerima tamu kunjungan dari peserta bimtek atau bimbingan teknis Kader Kalurahan Siaga Sehat Jiwa (KSSJ) tahun 2022. Penerimaan kunjungan ini dilakukan di Balai Kalurahan Sidoluhur. Bimtek kader KSSJ tahun 2022 sendiri diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Peserta bimtek yang hadir dalam kunjungan tersebut adalah para kader KSSJ dari empat kalurahan yakni Kalurahan Condong Catur, Purwamartani, Margoluwih, Margomulyo. Tampak hadir pula dalam pertemuan tersebut, para stakeholder antara lain:

1. Program Manager PRY : Bapak Jaimun

2. Projek Manager Program CEPLERY Keswa : Ibu Siswaningtyas

3. Projek Manager Program Open The Gate : Mas Aditya

4. Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Bina Laras dan Karya : Bapak Hinu beserta jajaran

5. Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular/ PTM dan Keswa: ibu dr. Seruni Anggreini dan staff DINKES Sleman

6. Program keswamas RSJ Ghasia : Ibu Aspi

7. Lurah Sidoluhur beserta jajaran

8. Puskesmas Godean 1

9. Kader Paguyuban Luhur Jiwo 

Acara dimulai dengan sambutan Lurah Sidoluhur, Bapak Hernawan Zudanto, SE. Beliau mengucapkan selamat datang sembari berterima kasih kepada Dinas Kesehatan, PRY dan juga para peserta bimtek yang telah berkenan berkunjung ke Kalurahan Sidoluhur. Lurah Sidoluhur juga sedikit menyampaikan tentang capaian pendampingan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP). Tak lupa ia menyampaikan bahwa peran kader sangatlah penting dalam pendampingan ini. Di akhir kata beliau menyampaikan bahwa ODDP merupakan saudara kita yang harus kita rangkul dan kita berdayakan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Program Manager PRY, Bapak Jaimun. Beliau menyampaikan tentang arti pentingnya kalurahan siaga sehat jiwa dan menilai bahwa Kalurahan Sidoluhur merupakan salah satu mitra yang berhasil mendampingi para ODDP. Di akhir sambutan beliau menyerahkan cinderamata kunjungan yang diterima langsung oleh lurah Sidoluhur.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan KSSJ Kalurahan Sidoluhur oleh Kamituwo Sidoluhur, Bapak Wahyu Rahmadani. Beliau menyampaikan tentang sejarah KSSJ Kalurahan Sidoluhur dan juga Paguyuban Luhur Jiwo. Kemudian beliau juga menyampaikan tentang keberpihakan pemerintah kelurahan Sidoluhur dalam memfasilitasi, mendampingi serta memberdayakan warga ODDP. Keberpihakan ini diimplementasikan dengan anggaran kegiatan serta peningkatan kapasitas kader KSSJ Sidoluhur.

Sesi diskusi diisi oleh pemaparan dari kader KSSJ Sidoluhur yakni Bapak Hari Priyanto dan Ibu Yustina Wardhani,S.Si. mereka menyampaikan tentang aksi nyata kegiatan produktif sehingga dapat memberdayakan ODDP yang tergabung dalam Paguyuban Luhur Jiwo.

Tak lupa salah satu ODDP Sidoluhur, Evi Susiana menyampaikan kisahnya selama didampingi oleh kader sehingga dapat lebih menyemangati para peserta Bimtek KSSJ ini.

Utuk lebih melengkapi acara diskusi, Puskesmas Godean 1 dalam hal ini Ibu Syam Hanifah, menyampaikan paparannya tentang peran Puskesmas dalam pendampingan kader KSSJ.

Sebagai informasi, di depan pendopo tampak sedari awal acara para kader KSSJ Sidoluhur telah memajang hasil karya ODDP Luhur Jiwo. Karya ini antara lain vas bunga, batik jumputan, angpao lebaran dan juga sirup jahe. Tak lupa di dekat meja hasil karya juga disiapkan arsip administrasi KSSJ Sidoluhur dan Paguyuban Luhur Jiwo. Peserta bimtek dapat membaca atau mencermati isi dari setiap barang atau buku inventaris sehingga dapat dijadikan referensi untuk mengelola arsip di kalurahan masing-masing.

Foto Terkait: