Musrenbangkal RKP Tahun 2023

Share :

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) merupakan salah satu forum pengambilan keputusan yang fundamental dalam perencanaan pembangunan kalurahan. Musyawarah ini termasuk dalam siklus tahunan Kalurahan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Musrenbangkal juga merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kalurahan Sidoluhur. 

Pada Hari Senin tanggal 19 September 2022, Pemerintah Kalurahan Sidoluhur mengadakan Musrenbangkal di Balai Kalurahan Sidoluhur. Bahan yang menjadi pembahasan adalah Rancangan RKP 2023 dan Daftar Usulan (DU) RKP 2024 yang telah diverifikasi oleh Tim Verifikasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman yang diwakili Kepala Sub-Koordinator Kelompok Substansi Administrasi Pemerintahan Kalurahan, Gunardi,S.IP., memberikan sambutan berupa informasi bahwa baru tujuh Kalurahan yang mengadakan Musrenbangkal. Sidoluhur menjadi Kalurahan ke delapan yang mengadakan Musrenbangkal tahun ini. Beliau menyambut baik Pemerintah Kalurahan Sidoluhur yang tertib mentaati siklus Kalurahan yang telah diatur dalam regulasi.

Panewu Godean, Ikhsan Waluyo, S.Sos.,M.A.P., menyampaikan dalam sambutannya bahwa program-program yang disusun di RKP haruslah selaras dengan program atau kebijakan diatasnya. Harapannya, sinkronisasi program dan kebijakan ini dapat mempercepat pemulihan dampak Pandemi Covid-19 diseluruh aspek kehidupan bermasyarakat.

Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto, SE., kemudian membuka acara dengan menyatakan "musyawarah terbuka untuk umum". Dalam sambutannya, Lurah Sidoluhur memberikan pandangan umum RKP Tahun 2023 berdasarkan pencermatan RPJMKal, kesepakatan Musyawarah Kalurahan (Muskal), DU-RKP. Sebelum pandangan umum dijelaskan, beliau menyampaikan Tema Pembangunan Tahun 2023 yakni "Meningkatkan kapasitas sumber daya dan akses pandukung kegiatan sosial ekonomi warga Sidoluhur". Tema ini selaras dengan tema pembangunan Kabupaten Sleman.

Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), Bambang Rahardjo, S.H., menyampaikan sambutan yang berisi pandangan strategis dan umum. Poin-poin yang disampaikan merupakan sari dari kesepakatan di Muskal. Hal lain yang tak kalah penting adalah program prioritas nasional yang mencakup pemulihan ekonomi, pengentasan kemiskinan ekstrim, dan mitigasi-penanganan bencana.

Acara inti yakni musyawarah dipimpin oleh Carik Sidoluhur, Fajar Nugroho,S.P.,M.Kom. Musyawarah ini terbagi tiga sesi yakni Paparan Rancangan RKP dan DU-RKP, tanggapan dan diskusi serta Menyepakati bersama Rancangan RKP dan DU-RKP. 

Paparan di atas disampaikan oleh Kaur Pangripta, Galang Wiradilaga, S.Or. Berikut adalah file Paparan yang dapat diunduh :

File Paparan Rancangan RKP

Dalam sesi diskusi, terdapat tanggapan masukan dan pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan telah tuntas dijawab oleh pimpinan. Masukan-masukan yang masuk menjadi pertimbangan menyesuaikan kebutuhan kerja dan kemampuan keuangan kalurahan.

Acara lalu dilanjutkan dengan menyepakati bersama rancangan RKP dan DU-RKP di atas. Ketika ditanya oleh moderator apakah rancangan disepakati, peserta menjawab serempak, sepakat!

Berikut file Rancangan yang dapat diunduh:

1. Rancangan RKP 2023

2. DU-RKP 2024

Kesepakatan ini dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh perwakilan peserta yang hadir.

Peserta yang hadir antara lain:

1. Dinas PMK Sleman

2. Panewu Godean

3. Lurah Sidoluhur beserta Pamong

4. Pimpinan BPKal beserta anggota

5. Babinsa dan Bhabinkamtibmas 

6. Perwakilan LKK

7. Tokoh Masyarakat

8. Perwakilan Perempuan

9. Pendamping Kalurahan 

Foto Terkait: