Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Dukuh Ngabangan dan Tebon

Share :

Tahap terakhir dari Pengisian Pamong Kalurahan Sidoluhur tahun 2022 yakni pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Dukuh Ngabangan dan Dukuh Tebon. Prosesi ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 Juli 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. 

Hadir dalam acara tersebut dukuh terlantik yakni Ryan Ardian Yoga Pratama sekeluarga dan Megandi Hatmijudo sekeluarga, serta dukuh purna tugas yakni Suyadi sekeluarga dan PLT dukuh Ngabangan sebelumnya yakni Parwata beserta istri. Hadir selaku tamu kehormatan: KPH H. Yudanegara Ph.D., Sekda Sleman, Hardo Kiswoyo, SE., MSi., anggota DPRD kabupaten Sleman, Bambang Sigit Sulaksono, Panewu Godean dan Danramil. Hadir pula segenap tamu undangan termasuk Pamong Kalurahan, Badan Permusyawaratan Kalurahan, perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK), tokoh masyarakat dan Satuan Perlindungan Masyarakat (satlinmas).

Prosesi acara dimulai dengan penampilan Reog dan Jathilan Krajan. Pasukan reog ini menjemput para calon dukuh dari titik yang telah ditentukan menuju Balai Kalurahan. Selanjutnya di depan pendopo rombongan ini disambut oleh para tamu kehormatan yang kemudian menempatkan diri di kursi masing-masing.

Pelaksanaan acara pun dimulai dengan pembukaan kemudian pembacaan Keputusan Lurah tentang pengangkatan Dukuh Ngabangan dan Tebon. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengucapan sumpah jabatan oleh kedua calon dukuh yang dipimpin oleh Lurah Sidoluhur. Tampak pada calon mengucapkan sumpah dengan khusyuk dan penuh kesungguhan di dampingi kepala KUA Godean. Setelah selesai pengambilan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan pelantikan yang juga dipimpin oleh Lurah Sidoluhur.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang ditandatangani oleh kedua dukuh terlantik, saksi-saksi dan Lurah Sidoluhur sendiri. Setelah itu dilaksanakan prosesi serah terima jabatan dari pejabat yang lama kepada pejabat yang baru.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan yang dimulai dari sambutan Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto, SE. Selain mengucapkan selamat kepada dukuh tercantik, Lurah Sidoluhur juga menyampaikan penghargaan kepada bapak Suyadi yang telah mengabdi selama 32 tahun di Padukuhan Tebon. Beliau juga berpesan agar dukuh terlantik dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan. Tak lupa ia juga menyampaikan kepada dukuh yang lama agar senantiasa terlibat dalam kegiatan masyarakat sehingga dapat memberikan semangat kepada para penerusnya.

Sambutan kedua dari Panewu Godean, Ikhsan Waluyo, S.Si.,MAP. Tidak jauh berbeda dari yang disampaikan oleh Lurah Sidoluhur, Panewu Godean juga memberikan berbagai arahan tentang pentingnya sinergi antara para senior dengan junior. Beliau juga mendoakan agar kedua dukuh yang terlantik dapat segera berkeluarga.

Sambutan ke-3 disampaikan oleh Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/ Kelurahan dan Kapanewon/ Kemantren, KPH H. Yudanegara, Ph.D. Beliau menyampaikan tentang pentingnya pemerintahan yang dilandasi oleh keistimewaan Yogyakarta. Ada beberapa pilar yang disampaikan yakni antara lain pemerintahan, kelembagaan, tata ruang, pertanahan dan kebudayaan. Beliau juga berharap dukuh yang terlantik dapat membantu Lurah selaku pemangku keistimewaan Yogyakarta. 

Setelah sesi sambutan-sambutan selesai dilanjutkan dengan prosesi pelepasan burung merpati yang dilakukan di halaman Balai Kalurahan. Sekitar 200 ekor merpati yang dilepas mengandung filosofi sebagai bentuk inovasi untuk terus terbang dan berprestasi.

Secara keseluruhan, Alhamdulillah acara hari ini berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Foto Terkait: